Sabtu, 05 Agustus 2017

Pencapaian Sistem Informasi

Gambar Rantai Komunikasi Tradisional

Gambar berikut menggambarkan rantai komunikasi tradisional yang menghubungkan pemakai, para spesialis informasi dan komputer. Pemakai dapat berupa seorang manajer, non-manajer, atau suatu individu atau organisasi di dalam lingkungan perusahaan.

Analis sistem bekerja sama dengan pemakai mengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistem yang sekarang ada. 
Pengelola database bekerja sama dengan pemakai dan analis sistem menciptakan database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai.

Spesialis jaringan bekerja sama dengan analis sistem dan pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber daya komputer yang terbesar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlian bidang komputer dan telekomunikasi.

Programer menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analis sistem untuk membuat kode instruksi-instruksi yang menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yang diperlukan pemakai.

Operator mengoperasikan peralatan komputer berskala besar seperti komputer mainframe dan komputer mini. Operator memantau layar komputer, mengganti ukuran-ukuran kertas di printer, mengelola perpustakaan tape dan disk storage, serta melakukan tugas-tugas serupa lainnya.

Gambar Diagram Siklus Sistem

Siklus hidup sistem (System life cycle - SLC) adalah proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau subsistem unformasi berbasis komputer.

Tahap 1 : Investigate (Perencanaan)
menyadari adanya masalah dalam sistem, mendefinisikan masalah yang terjadi dalam sistem, menentukan tujuan dan identifikasi kendala-kendala sistem yang akan diteliti, membuat studi kelayakan dan mempersiapkan usulan penelitian.

Tahap 2 : Analisa
Mengumumkan hasil penelitian sistem yang telah dilakukan, mengorganisasikan tim proyek yang mengendalikan sistem, mendefinisikan kebutuhan pemakai dan kriteria kinerja sistem.

Tahap 3 : Design (Rancangan)
Menyiapkan rancangan sistem secara terperinci, mengidentifikasikan berbagai alternatif konfigurasi dalam perbaikan sistem, mengevaluasi berbagai alternatif konfigurasi sistem, menyetujui atau menolak penerapan sistem.

Tahap 4 : Implement ( Penerapan)
Merencanakan penerapan esuai rancangan sebelumnya, mengumumkan penerapan yang telah direncanakan, mendapatkan sumberdaya perangkat keras dan perangkat lunak, menyiapkan database dan fasilitas fisik, mendidik pemakai menggunakan sistem baru.

Tahap 5 : Maintain (Pemeliharaan)
Memperbaiki kesalahan jika terjadi kerusakan pada sistem, menjaga keamanan dan kegunaan sistem dan meningkatkan kualitas sistem.


  • Apa yang dimaksud dengan istilah berikut?


DBMS (Database Management System) adalah perangkat lunak yang menangani semua pengaksesan database. Mempunyai fasilitas membaut, mengakses, memanipulasi dan memelihara basis data.

Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Kecerdasan Buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang bisa diatur dalam konteks ilmiah.

Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah layaknya seorang pakar.

Information Resource Management (IRM) adalah konsep yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti orang, keuangan, peralatan dan manajemen.

Perancangan sistem informasi adalah pengembangan sistem baru dari sistem lama yang ada, dimana masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru.

CRM (Customer Relatiopship Management) adalah suatu strategi bisnis yang dirancang untuk meningkatkan layanan, kepuasan pelanggan, dan mendapatkan pelanggan serta tujuan akhirnya yaitu mendapatkan keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar